• Membuat CD Interaktif

    Tanggal 28-30 November yang lalu aku ikut lomba pembuatan CD Interaktif untuk pembelajaran mandiri tingkat Jawa Tengah. Penyelenggara kompetisi itu yakni LPMP JATENG. Lomba dilaksanakan dengan dua kategori. Kategori guru TK/SD/MI dan kategori guru SMP/SMA/SMK/MA untuk semua mata pelajaran. Aku membuat CD Interaktif untuk pembelajaran Aksara Jawa. Selama ini belajar aksara Jawa merupakan momok untuk ukuran pelajaran muatan lokal (mulok). Oleh karena itu perlu inovasi pembelajaran agar anak senantiasa belajar dengan menyenangkan. Konsep belajar dengan menyenangkan serta mandiri inilah yang diusung oleh LPMP dengan pembuatan CD Interaktif.
    Begitu diumumkan, ternyata anemo guru-guru se-Jateng begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ada yang memakai program Authorware, Powerpoint, Flash, Autoplay, dan software lain yang tak kalah handalnya. Di akhir perlombaan, juri mengulas apa yang seharusnya ada dalam pembuatan CD Interaktif. Berikut ulasannya:

    Pada dasarnya CD interaktif itu memungkinkan siswa dapat belajar mandiri dan menyenangkan dengan media komputer. Oleh karena mandiri, maka sebuah CD INTERAKTIF harus memiliki unsur AUDIO, VISUAL, EVALUASI. Audio berkaitan dengan penjelasan tutor dalam CD itu dan musik latar yang mendukung. Visual berkaitan dengan tampilan yang eye-catching. serta Evaluasi sebagai bahan pengukur keberhasilan belajar siswa.

    Untuk membantu siswa mempelajari seluruh isi CD perlu dibuat tombol NAVIGASI untuk menuju halaman per halaman. Kesalahan yang dimiliki oleh peserta lomba pada saat itu adalah inkonsistensi tombol navigasi. Seharusnya tombol navigasi ini memiliki tempat yang permanen / tidak berubah. Tampilan latar juga harus konsisten. Musik latar disesuaikan dengan umur pengguna dan materi. Untuk anak ukuran sekolah dasar sangat tidak pas jika musik latarnya lagui milik peterpan atau pop cinta-cintaan.

    Alhamdulillah, setelah melalui beberapa seleksi dan masuk final, CD interaktif buatanku berhasil dinobatkan sebagai juara I untuk kategori guru TK/SD/MI se-Jawa Tengah. Selama untuk kepentingan pendidikan, silahkan CD INTERAKTIF SINAU AKSARA JAWA bisa di DOWNLOAD DI SINI
  • 4 komentar:

    1. infonya sangat membantu...
      saya sedang ada tugas untuk membuat cd interaktif juga. software apa yang sebaiknya saya gunakan?
      terima kasih

      BalasHapus
    2. Software yang biasanya digunakan untuk membuat cd interaktif bermacam-macam. Rata-rata banyak memakai software FLASH ( dulu macromedia Flash, tetapi sekarang berganti menjadi Adobe Flash; prinsip kerja pada dasarnya sama ). Tetapi tidak ada salahnya memakai software lain semacam Ms. Powerpoint atau Autoplay

      BalasHapus
    3. good...saya pake macromedia captivate

      BalasHapus

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13